Buku at-Taqwim fi Tadris al-Lug¿ah al-¿Arabiyyah membahas secara mendalam konsep, prinsip, dan praktik evaluasi (taqwim) dalam konteks pengajaran bahasa Arab. Buku ini menyajikan pendekatan komprehensif terhadap bagaimana evaluasi dapat digunakan sebagai alat pedagogis yang strategis, bukan sekadar alat ukur hasil belajar.
Penulis mengulas berbagai jenis evaluasi—seperti evaluasi formatif, sumatif, diagnostik, dan otentik—serta bagaimana penerapannya dalam empat keterampilan utama bahasa: mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Setiap jenis evaluasi dijelaskan dengan contoh konkret yang relevan dengan konteks pembelajaran bahasa Arab modern, baik di tingkat sekolah dasar, menengah, hingga perguruan tinggi.
Tidak hanya itu, buku ini juga menyentuh aspek psikologis dan sosiolinguistik dari evaluasi, pentingnya umpan balik, dan bagaimana guru dapat menggunakan hasil evaluasi untuk meningkatkan metode mengajar dan mendorong motivasi belajar siswa.
Reviews
There are no reviews yet.